Selasa, 14 Desember 2010

MAKNA DAN KIASAN NAMA FAM ORANG MINAHASA

Pada Nama Fam Orang Minahasa (NFOM) tersurat makna kata/kata-kata serta tersirat kiasan kata majemuk/akronim, yang memuat ide positif dalam misi atau amanat nenek moyang kepada keturunannya. Nama keluarga atau Nama Fam (NF) dan makna serta kiasan ide positifnya dapat ditelusuri dari akar kata, kata dasar, atau kata jadiannya dalam bahasa sub etnik, serta kondisi suasana lingkungan masyarakat bangsa dan dunia jamannya. Itupun bisa punya beberapa interpretasi.  Misalnya NF Kandouw. Ada kemungkinan multi: kata, makna dan interpretasi. Dapat  terdiri atas kata-kata bermakna:  (1) kan = padi, pangan; endou = tempat jauh, bermakna padi/pangan di tempat jauh; (2) ka = amat; endo = hari; akhiran -an pada kata kaendoan = kesiangan, bermakna tempat terang disinari surya;  atau (3) ka edo an = dapat dicapai/dikalahkan. Menghadapi multi: kata, makna dan interpretasi, penulis memilih makna dan ide yang paling baik di antaranya dan mesintesakannya secara positif. Mengapa makna, ide, dan interpretasinya mesti positif atau yang terbaik? Karena itulah yang dikehendaki nenek moyang penyandang pertama nama yang menjadikan NF bagi diri dan keturunannya.
Berikut tentang ide, perintah atau pesan suci yang wajib diwujudkan, selaku Amanat Nenek Moyang dalam NF. Perilaku positif seperti: kasih, murah hati, sabar, baik, indah, berguna, (Lht Bagian Pertama Bab II A. Wawasan Positif) adalah misi untuk diwujudkan setiap penyandang NF. Perwujudan ide/wawasan positif secara konsisten akan menunjukkan jati diri dan watak warga selaku identitas keluarga. Sebab itu penyandang NF hendaknya memahami makna serta kiasan yang bermuatan misi hidup baginya. Dengan demikian ia sadar mengembangkan kepribadian yang merefleksikan ide dan Watak Positif yang tersirat dalam NF-nya. Pemahaman diri sendiri dan orang lain tentang makna kata dan kiasan positif tersirat dalam NF, akan mendorongnya,  bersama lingkungan mengembangkan watak positif pada setiap orang.
Untuk memahami makna kata dalam NFOM, perlu pemahaman bahasa ibu, yang mendorong gerakan massal belajar bahasa ibu mulai dari diri tiap orang, suatu cara melestarikan kebudayaan dengan pendekatan dari bawah.  Diharapkan tiap orang akan memahami amanat dalam NF yang disandang yang akan mewarnai watak (karakter) dan perilakunya. Totalitas amanat nenek moyang yang tersirat dalam kiasan ribuan NF adalah bagian dari gambaran utuh Watak Orang Minahasa. Watak positif warga masyarakat menjadi bagian Watak Orang Minahasa. Pada gilirannya Watak Positif Orang Minahasa akan turut mendukung  pembangunan watak atau karakter bangsa (nation and character building) selaku warga Bangsa Besar Indonesia. Penggalian ide dan perwujudan misi positif dalam NF tiap orang Minahasa diharapkan membangkitkan kesadaran individu dan massa untuk mempelajari lagi dan aktif menggunakan bahasa ibu sub-sub etnik warganya. Selanjutnya bagi warga pendatang yang terkait: sudah berasimilasi dan berakulturasi serta merasa dan berperilaku sebagai Orang Minahasa bersama simpatisan pada pengembangan sub-sub etnik Minahasa, terundang berpartisipasi membangun bahasa, kebudayaan serta bumi dan Orang Minahasa di manapun berada di Tana` Minahasa atau Bumi Toar Lumimuut. Wawasan positif dan ide inklusif dalam NF akan turut menyumbang kemantapan hubungan persaudaraan dalam kemajemukan latar belakang bangsa kita di Tana` Minahasa dalam Nusantara dan dunia.
Jika dibelakang kalimat “Mengiaskan…”, ada anjuran Lht (Lihat) atau Bdg (Banding) disertai sejumlah NF, maka hal itu boleh diabaikan. Tetapi andaikata anda ingin mengembangkan Versi anda tentang kiasan NF keluarga, maka mungkin hal itu ada gunanya. Bagi NF yang tak ada Lht/Bdg, disarankan mencari NF yang menurut anda bersumber pada suatu kata atau akar kata yang sama, atau punya makna serupa dengan NF tersebut. Selanjutnya diskusikanlah dalam keluarga atau pertemuan rukun keluarga. Mungkin anda atau keluarga menolak versi penulis, karena menemukan suatu makna kata serta rumusan kiasan yang lebih cocok. Rumuskanlah bersama kaum keluarga anda suatu Versi Baru yang ideal. Lalu hayati dan sosialisasikan serta ajarkan  kepada warga keluarga atau anak keturunan anda, selaku suatu jati diri keluarga. Jika ditemukan Versi Baru Rumusan Keluarga yang lebih bagus, penulis akan sangat gembira mendapat informasi dari anda atau keluarga, untuk melengkapi tulisan ini pada edisi/penerbitan berikutnya.  Nah sekarang dipersilahkan anda mencari dalam Glosari NF dari A sampai Z NF ayah ibu anda, nama-NF yang anda kenal, kehendaki, atau cintai dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar